Jumat, 29 Januari 2016

Tips Sehat Mencegah Terkena Hernia



Apabila salah satu anggota keluarga, terutama ayah mempunyai penyakit ini, ada baiknya Anda sebagai anak lelaki melakukan beberapa langkah untuk mencegah hernia. Hernia memang bukan penyakit mematikan, tapi termasuk penyakit yang menyakitkan. Penyakit ini juga dapat diturunkan, dari ayah ke anak lelaki,  untuk itu ada baiknya jika Anda melakukan tindakan pencegahan, agar tidak mengalami penyakit ini. Berikut ini adalah bebrapa tips untuk mencegah hernia.

Menjaga berat badan

Menjaga berat badan adalah hal yang harus Anda lakukan pertama kali. Mempunyai banyak lemak di dalam tubuh tidak baik untuk kesehatan. Ada beberapa penyakit yang berhubungan dengan obesitas atau kelebihan berat badan seperti diabetes, kolesterol, hernia, dll.
Menjaga berat badan agar tetap ideal tidak sulit. Anda hanya perlu membatasi mengkonsumsi makanan tinggi lemak dan mengandung kalori tinggi.

Menjaga pola makan

Menjaga pola makan juga sebaikknya Anda perhatikan, terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak, membuat lemak di dalam tubuh menjadi lebih banyak. Hal seperti ini secara tidak langsung akan menimbulkan masalah baru. Adapun beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu banyak adalah makanan berlemak, makanan yang mengandung pengawet, minuman berlemak, minuman yang mengandung soda, dll.

Berolahraga secara rutin

Rutin berolahraga juga akan membuat tubuh menjadi sehat. Dengan berolahraga maka seluruh otot tubuh akan bergerak, selain itu berbagai macam organ tubuh juga akan bergerak. Gerakan inilah yang akan menjaga metabolism tubuh tetap terjaga dengan baik, dan juga melatih otot agar tidak mudah lemas. Anda tidak pelru melakukan olahraga yang terlalu berat, cukup melakukan beberapa olahraga ringan seperti jogging, lari, senam, dll.

Banyak mengkonsumsi makanan berserat tinggi

Anda sebaiknya banyak mengkonsumsi makanan tinggi serat. Makanan tinggi serat akan membantu system pencernaan berjalan dengan baik dan lancar. Ini juga yang akan mengatasi sembelit, dan dapat menyebabkan hernia. Mengkonsumsi makanan dengan serat tinggi seperti ini tentunya akan membuat metabolism tubuh menjadi lebih lancar, daya tahan tubuh menjadi lebih baik, tubuh mejadi lebih sehat, dan yang pasti Anda tidak akan terkena penyakit hernia.

Berhati-hati ketika mengangkat beban berat

Ketika Anda hendak mengangkat beban berat ada baiknya jika memperhatikan beberapa hal berikut ini seperti, posisi kaki untuk menahan beban, posisi punggung untuk membahwa beban, dan juga perhatikan agar beban yang akan dibawa tidak terlau berat melebih bobot tubuh.
Apabila Anda jarang mengangkat beban berat tentu tidak masalah, yang menjadi maasalah adalah ketika Anda sering mengangkat beban berat namun jarang berolahraga, tentunya ini akan memberikan tenanan lebih pada abdomen.

Berhenti merokok

Anda juga sebaiknya berhenti merokok. Rokok dan juga virus yang menyerang sistem pencernaan akan mengakinatkan batuk. Batuk ini yang akan membuat tekanan berlebih  tersendiri untuk perut bagian bawah. Ini juga yang secara tidak langsung menyebabkan seseorang menderita hernia.

Cukup istirahat

Anda juga harus beristirahat denagn baik, cukup beristirahat akan membuat tubuh menjadi segar, dan proses metabolism tubuh akan lebih baik. Dengan beristirahat yang baik, tentunya kerja tubuh tidak akan terlalu berat.

Beberapa tindakan di atas perlu Anda perhatikan dan perlu dilakukan, hal ini sebagai tindakan pencegahan terhadap terulangnya penyakit ini. Penyakit ini memang bukan penyakit yang mematikan, akan tetapi mendaptkan penyakit ini tentunya akan membuat berbagai macam aktifitas menjadi terganggu. Mencegah hernia tentu akan lebih baik daripada mengobati hernia itu sendiri.



Apabila anda merasa penasaran dan ingin mengetahui kenapa seseorang bisa terkena hernia, saya sarankan baca artikel saya yang membahas penyebab hernia bisa menyerang seseorang. Silahkan dibaca dan ambil ilmunya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar